adsense google

.

Search This Web

pengunjung

Saturday, February 15, 2014

PMI DI KELUD

 Palang Merah Indonesia (PMI) bersama TNI dan Polri serta instansi terkait masih terus bersiaga di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri yang berjarak 15 Kilometer dari kawah, untuk memperingatkan warga agar waspada banjir lahar dingin.
Sekretaris PMI Kabupaten Kediri, Triatmono mengatakan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisik (BMKG)  wilayah Kebon Rejo, Kampung Baru, Kampung Besowo yang berada di kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri merupakan wilayah yang rawan terdampak lahar dingin.
"15 relawan kami sudah turun bersama-sama TNI dan polisi untuk menghimbau warga agar segera turun dari 3 desa itu,” katanya, Sabtu(15/2/2014).
Lahar dingin kata dia umumnya terjadi jika terjadi saat hujan lebat mengguyur di sekitar puncak Gunung Kelud. Air hujan akan mendorong material vulkanis yang berada di sekitar puncak Kelud ke daerah yang lebih rendah di sekitarnya melalui lembah atau sungai.
“Sampai pukul 12.30 WIB siang ini, belum ada tanda-tanda lahar dingin akan turun. Namun relawan kami akan tetap siaga dan menghimbau warga agar tetap waspada,” ujarnya.
Di Blitar selain bersiaga untuk menghadapi lahar dingin PMI juga membangun dapur umum di SMK 01 Nglegok, yang difungsikan oleh 25 relawan PMI Kabupaten Kediri, anggota Palang Merah Remaja (PMR), Linmas dan ibu-ibu persatuan guru setempat.- TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA

No comments:

Post a Comment